Rabu, 29 Mei 2013

Istilah Dalam Dunia Fitness



Buat teman-teman fitness mania yang baru mulai menekuni fitness mungkin masih asing atau mungkin sudah pernah mendengar istilah-istilah dalam fitness tapi belum tahu artinya apa. Nah, mari kita belajar bersama mengenai istilah-istilah yang sering digunakan dalam dunia fitness. Silahkan....

1. Reps (Repetitions)
Dalam bahasa Indonesia artinya adalah repetisi atau pengulangan. Maksudnya adalah misalkan kita melakukan push-up sebanyak 10 kali, artinya kita melakukan push up sebanyak 10 repetisi. 1 gerakan push up terdiri dari gerakan turun dan naik. Gerakan turun dan naik terhitung 1 repetisi. Hitungan repetisi standar dalam dunia fitness adalah 8-12 reps. Bila sudah sanggup melakukan 12 repetisi ada baiknya beban ditambah.

2. Set
Set artinya sama dengan bahasa sehari-hari yang kita gunakan. 1 set peralatan masak, 1 set tempat tidur, dll. Artinya adalah 1 paket/package dari repetisi. Misalkan kita melakukan 3 set push up dengan 10 repetisi. Artinya kita melakukan push-up sebanyak 10 kali, istirahat sejenak (biasanya 30-60 detik), push up lagi 10 kali, istirahat sejenak, kemudian melakukan push up lagi 10 kali. Hitungan set standar dalam dunia fitness adalah 3-5 set. Sebaiknya jeda antar set tidak terlalu lama agar otot tidak kembali "dingin".

3. Dumbbell & Barbell
Biasanya orang keliru membedakan antara dumbbell dengan barbell (termasuk saya dulu). Dari asal katanya Bar dalam bahasa Inggris yang artinya bar/tiang, barbell bentuknya lebih panjang. Biasanya digunakan untuk mesin benchpress (untuk latihan dada). Sedangkan dumbbell adalah bentuk beban yang lebih kecil. Biasanya untuk latihan bicep, dsbnya. Dumbbell inilah yang sering orang keliru menyebutnya dengan barbell (barbel).



4. Ngepump
Ngepump adalah istilah dimana otot/badan kita semakin membesar setelah melakukan latihan beban. Hal ini dikarenakan aliran darah terpusat pada otot-otot yang baru saja kita latih. Akibatnya otot kita terlihat membesar namun sifatnya hanya sementara. Beberapa jam setelah latihan bentuknya akan tidak sebesar dibandingkan sesaat setelah kita latihan.
5. Kardio (Kardiovaskular)
Latihan kardio (latihan otot jantung) adalah aktivitas fisik yang dilakukan dengan intensitas sedang dalam jangka waktu yang lama. Contohnya adalah lari, sepeda, renang adalah termasuk latihan kardio yang paling populer mudah dilakukan. Kardio bisa dilakukan di mana saja, tidak harus di tempat fitness. Kardio yang biasa dilakukan di tempat fitness adalah bersepeda, lari menggunakan treadmill, atau menggunakan mesin elips. Aerobik juga termasuk dari latihan kardio. Kardio yang disarankan adalah 45-60 menit. Usahakan saat melakukan kardio gerakan yang kita lakukan selalu konstan tidak berhenti atau beristirahat ditengah-tengah. Gunanya untuk meningkatkan stamina dan kinerja otot jantung kita dan mengoptimalkan pembakaran lemak di tubuh.


6. Otot Kering & Otot Basah


Otot basah: Berarti otot dalam badan kita masih punya kadar lemak yang tinggi,sehingga walaupun badan kita sebenarnya berotot namun tetap tidak terlihat berotot karena tertutup lapisan lemak di bawah kulit.
Otot kering: Kadar lemak rendah, sehingga otot terlihat jelas karena tidak tertutup lemak/hanya sedikit lemak di badannya. Kadar lemak yang rendah tidak mampu menutupi massa otot yang besar sehingga otot kita akan terlihat secara kasat mata.

7. Spot
Mengawasi latihan seseorang untuk membantu orang tersebut menyelesaikan set tanpa cedera. Spotter berarti orang yang mengawasi, biasanya di tempat fitness banyak orang yang sedang latihan dada menggunakan mesin benchpress dibantu partner. Di sini fungsi spotter bukan untuk membantu setiap angkatan, tapi untuk mengawasi kalau-kalau di repetisi akhir terjadi failure (kegagalan) mengangkat beban. Agar kita tidak tertimpa beban pada saat latihan di set inti (set dengan beban paling berat). Biasanya di set dengan beban maksimal yang dapat kita angkat ini kita hanya mampu melakukan 4-6 repetisi. Di sinilah fungsi spotter untuk mengawasi dan menjaga kita JIKA terjadi kegagalan di repetisi-repetisi akhir.

8. Failure
Ini adalah momen dimana kita harus berjuang keras untuk menyelesaikan repetisi terakhir ketika mengangkat beban. Jika pada repetisi-repetisi akhir kita mengangkat beban sampai mengeluaran seluruh sisa-sisa tenaga kita untuk mengangkatnya, atau bahkan butuh spotter untuk minta bantuan, sehingga tidak sanggup lagi untuk meneruskan repetisi berikutnya, inilah yang dinamakan failure. Berlatihlah sampai titik failure, sampai kita tidak bisa mengangkatnya lagi. Jangan berhenti ketika kita masih merasa merasa mampu melakukan 1 repetisi lagi. Jika kita mampu melakukan 12 repetisi dengan ringan ada baiknya beban ditambah. Latihan yang maksimal adalah training to failure. Yaitu latihan sampai kita tidak mampu lagi melakukannya.

9. Bulking & Cutting
Bulking adalah istilah ketika seseorang ingin menambah massa otot sebesar-besarnya dan menurunkan kadar lemak sampai seminimal mungkin. Biasanya Bulking dikombinasikan dengan cutting. Sedangkan cutting adalah "memotong" atau memutuskan/menghentikan hal-hal yang dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh. Biasanya orang yang melakukan cutting adalah orang yang akan menjaga asupan makanannya dari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat berlebih, lemak, kolestrol, sodium, dan kalori berlebih.
10. Cool Down (Pendinginan)
Aktivitas yang dilakukan pada akhir latihan yang membuat detak jantung kita secara bertahap melambat. Gunanya adalah agar otot dibiasakan kembali ke kondisi normal secara perlahan-lahan. Biasanya otot-otot kita akan terasa kaku jika tidak melakukan cooling down.


11. Core Training
Latihan otot inti. Pelatihan yang melibatkan otot inti yaitu otot perut dan punggung bawah. Otot inti yang kuat akan mengoptimalkan gerak seluruh tubuh kita.

12. Gun Show
Gun Show di sini bukan berarti pameran senjata atau ajang tembak-tembakan menggunakan senjata api. Yang dimaksud gun show adalah pertunjukan/pose seseorang yang memamerkan otot biceps-nya.
"FYI: Gun Show yang punya lapak blog"

13. Juice
Juice atau jus dalam dunia fitness adalah jargon/slang untuk steroid. Jadi, ketika anda mendengar pembicaraan orang-orang di gym tentang “jus”, itu bukan berarti jus buah segar, tapi steroid atau obat yang dapat meningkatkan kecepatan perbaikan sel yang rusak setelah dilatih.
14. Cheat
Cheat atau cheating adalah istilah dalam dunia fitness di mana orang yang sedang melakukan cutting ingin melakukan "refreshing" dengan memakan makanan yang melanggar "cutting" yang sedang dilakukan. Misalkan dengan makan es krim, junk food, gorengan, dll. Cheating sah-sah saja dilakukan sebagai bentuk refreshing dan sifatnya manusiawi. Namun jangan jadikan cheating sebagai pola hidup sehari-hari. Ade Rai pernah menganalogikan cheating sebagai orang yang berbelanja di mall. Rajinlah menabung, ketika tabungan sudah banyak, maka silahkan berbelanja. Itulah gunanya kita menabung agar kita dapat berbelanja. Jangan sampai sudah pemasukan sedikit namun rajin belanja. Hasilnya akan tekor.


Mari kita terapkan pola hidup yang sehat mulai dari makanan, olahraga, istirahat, dan gaya hidup yang sehat. Manfaatnya tidak akan lari dari diri kita masing-masing. Banyak orang yang sudah melakukan gaya hidup sehat dan hasilnya mereka merasa hidup mereka lebih bahagia, selalu berenergi, dan produktif setiap saat. Ingat, mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Good luck!

 referensi: http://www.ryan-isra.net/istilah-dunia-fitness/



4 komentar:

  1. umur saya 15thn, saya ingin membentuk otot tricep,bicep agar membesar terlihat kekar, beban yang harus dianjurkan brp kg dan brp repetisi dan set'nya

    BalasHapus
  2. untuk membentuk otot yang besar, yang perlu diperhatikan bukan hanya soal berapa beban yang perlu diangkat. Tapi seberapa cukup kadar protein yang ada ditubuh anda. Kalau tubuh anda kurang protein, maka otot anda tentu tidak dapat tumbuh lebih besar. Selain itu untuk terlihat kekar artinya otot harus kering. Jaga kadar lemak tubuh anda, Minimalisir makanan yg digoreng dan mengandung lemak jenuh (bukan tidak boleh sama sekali). Untuk asupan protein sebaiknya gunakan dada ayam,daging ikan, atau putih telur. Susu yang biasa digunakan adalah susu yang mengandung whey protein karena kandungan protein per 100 gr nya lebih tinggi dibandingkan susu biasa.

    Untuk berapa beban yang disarankan dan berapa repetisi yang dianjurkan kembali lagi ke prinsip repetisi dan training to failure. Jika anda mampu mengangkat beban dengan repetisi lebih dari 10 sebaiknya beban ditambah (sedikit demi sedikit). Pada intinya adalah tidak ada batasan berapa berat beban yang boleh anda angkat selama anda mampu. Jika anda hanya mampu mengangkat 3-4 kali artinya beban terlalu berat untuk anda. Selamat mencoba! :)

    BalasHapus
  3. BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms whatshap 085600125176 BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

    BalasHapus
  4. Saya 29 tahun, badan krempeng dan sangat tidak proposional. 48kg dengan tinggi 168-170an.

    Bokap kurus, tapi kurusan saya, saya bisa ga ya jadi berisi? Makan banyak dikit ga sanggup,, saya mau ke gym malu.. Malu lantaran badan saya yg kelewat kering.. Pengenya gemuk dulu baru fitnes..

    Pernah minum obat cina namanya samyunwan. Efek sampingnya parah,, muka jerawatan, gangguan lambung pula.. Padahal dari sd sampe kuliah ga pernah saya punya jerawat satupun...

    Untuk gemuk itu makan apa sih ? Yg efektif dan ga terlalu mahal? Maklum lah.. Udah punya keluarga.. Hehe makan ga cuma buat 1 perut...

    Btw ada solusi ? Hehe maap curhatnya kepanjangan

    BalasHapus

My Playlist