Minggu, 08 September 2013

14 Ciri Kepribadian Introvert

Lagi iseng-iseng baca artikel di detik.com ketemu artikel tentang 14 tanda apakah anda seorang yang introvert? Nah, berdasarkan tes-tes kepribadian abal-abal di media sosial biasanya saya dikategorikan sebagai orang yang yang memiliki kepribadian introvert. Hanya saja saya masih belum jelas memahami seperti apa karakter introvert itu? mengapa kepribadian saya dikategorikan sebagai introvert? Setelah membaca artikel tersebut saya menjadi paham mengenai karakter introvert. Yuk, mari kita cek apa saja 14 tanda seseorang memiliki kepribadian introvert...

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert umumnya lebih suka melakukan segala sesuatunya sendiri. Berbeda dengan orang ekstrovert yang cenderung blak-blakan, orang introvert cenderung sulit mengungkapkan pemikiran dan pendapatnya di hadapan orang lain.

Tidak ada kepribadian yang diklaim sebagai kepribadian paling baik di dunia ini. Apalagi nasib seseorang tidaklah ditentukan oleh kepribadiannya. Aneka kepribadian manusia di muka Bumi ini saling melengkapi manusia satu dengan lainnya. Dan bukankah berbeda itu indah?

Nah, introvet hanyalah salah satu jenis kepribadian manusia yang dikenal. Sebenarnya tidak mudah menemukan seseorang dengan kepribadian introvert. Apalagi kerap juga seseorang tidak menyadari dirinya introvert, apalagi jika orang tersebut bukanlah seorang yang pemalu.

Tidak ada yang salah menjadi seorang introvert, ekstrovert, ataupun ambivert. Hanya saja, dengan mengenal kepribadian diri sendiri dan orang lain maka akan lebih memudahkan dalam memahami satu sama lain. Nah berikut ini ciri-ciri seseorang yang memiliki kepribadian introvert, seperti dikutip dari Huffington Post, Jumat (23/8/2013):

1. Tidak Suka Basa Basi
Orang yang introvert dikenal fobia-basa basi, karena mereka merasakan omong kosong menjadi sumber kecemasan, atau setidaknya menjengkelkan. "Introvert benci basa basi bukan karena tidak suka dengan orang-orang. Tapi kami membenci basa basi karena bisa menjadi hambatan yang tercipta di antara orang-orang," tulis Laurie Helgoe di buku 'Introvert Power: Why Your Inner Life Is Your Hidden Strength.'

2. Pergi ke Pesta Bukan untuk Bertemu Orang
Jika Anda seorang introvert, Anda bisa jadi terkadang menikmati pergi ke pesta. Tapi kemungkinannya adalah Anda tidak pergi ke pesta karena Anda bersemangat bertemu dengan orang baru. Di pesta, kebanyakan introvert akan menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sudah mereka kenal dan merasa nyaman.

3. Merasa Sendiri di Keramaian
Mungkin Anda sering merasa seperti asing di tengah-tengah perkumpulan sosial dan kegiatan kelompok, bahkan dengan orang yang Anda kenal? "Jika Anda cenderung menemukan diri Anda merasa sendiri di tengah keramaian, Anda mungkin seorang introvert," kata Dambling.

4. Mudah Terganggu
Sementara ekstrovert cenderung mudah bosan ketika mereka tidak memiliki kegiatan, introvert memiliki masalah sebaliknya. Mereka mudah terganggu dan kewalahan di lingkungan yang kelebihan stimulus.

"Ekstrovert umumnya lebih mudah bosan daripada introvert pada pekerjaan yang monoton, mungkin karena mereka membutuhkan dan berkembang pada tingkat tinggi stimulasi," kata peneliti Clark University di makalah yang diterbitkan di Journal of Personalitu and Social Psychology.

5. Bicara di Depan 500 Orang Tidak Terlalu Membuat Stres Dibanding Harus Berbaur Setelahnya
Introvert bisa menjadi pemimpin yang sangat baik dan seorang pembicara yang baik juga. Mereka tidak terlalu pemalu sebenarnya karena tidak selalu menghindari sorotan. Bagi seorang introvert, berbicara di depan ratusan orang masih lebih baik ketimbang berbaur dengan orang-orang itu setelahnya.

Artis seperti Lady Gaga, Christina Aguilera dan Emma Watson, semuanya diidentifikasikan sebagian para introvert, dan sekitar 40 persen dari CEO memiliki kepribadian introvert.

6. Saat di Bis, Anda duduk di Bangku Paling Pojok, Bukan di Tengah
Orang yang introvert cenderung menghindari dikelilingi orang di semua sisi. "Kami kemungkinan untuk duduk di tempat-tempat di mana kita bisa pergi ketika kita siap," tutur Damling.

7. Memiliki Kekasih Ekstrovert
Benar bahwa yang berlawanan itu menarik, sehingga introvert seringnya tertarik pada ekstrovert. Sebab seorang ekstrovert akan mendorong mereka untuk bersenang-senang dan tidak terlalu serius.

8. Menyaring Telepon
Anda mungkin tidak mengangkat telepon sekalipun dari orang yang Anda suka, namun Anda akan menelepon balik mereka setelah Anda siap secara mental dan mengumpulkan energi untuk perbincangan.

9. Anda Memperhatikan Detail yang Orang Lain Tidak Lakukan
Sisi positif dari introvert adalah sering memiliki mata yang tajam untuk melihat hal detail, yang mungkin tidak dilihat orang di sekitarnya. Penelitian menemukan bahwa introvert menunjukkan peningkatan aktivitas otak saat memproses informasi visual, dibandingkan dengan ekstrovert.

10. Sering Berbicara dalam Hati
"Ekstrovert tidak berbicara dalam hati seperti yang kami lakukan. Kebanyakan introvert perlu berpikir sebelum bicara," tutur Olsen Laney.

11. Tekanan Darah Rendah
Studi di Jepang tahun 2006 menemukan bahwa introvert cenderung memiliki tekanan darah rendah daripada ekstrovert.

12. Anda Seorang Penulis
Introvert sering lebih baik berkomunikasi lewat tulisan daripada secara langsung. Kebanyakan mereka tertarik untuk menyendiri, sehingga cocok sebagai penulis kreatif. Introvert yang sukses dalam bidang tulis menulis adalah pengarang 'Harry Potter', J.K Rowling. JK Rowling mengatakan mereka merasa lebih kreatif ketika memiliki waktu sendiri dengan pikirannya.

13. Anda Memiliki Periode Kegiatan Sosial, Kerja dan Kesendirian
Introvert bisa bergerak dengan menentukan bagaimana mereka harus menyeimbangkan kesendirian dengan aktivitas sosial. Tapi ketika mereka bergerak terlalu banyak dalam sosialisasi dan kesibukan, mereka merasa tertekan dan perlu untuk kembali ke diri mereka sendiri. Demikian pendapat Olsen Laney.

Artinya setelah para introvert melewati periode kegiatan sosial tinggi, mereka kemudian menyeimbangkan dengan periode kebatinan dan kesendirian. "Ada titik pemulihan yang tampaknya berkorelasi dengan berapa banyak interaksi yang Anda lakukan," kata Dembling.

14. Terlihat Bijaksana Sejak Usia 20 -an
Orang yang introvert akan mengobservasi dan mengambil banyak informasi. Mereka juga cenderung berpikir sebelum bicara sehingga membuat mereka terlihat lebih bijaksana daripada yang lainnya.

"Orang yang introvert cenderung berpikir keras dan analitis. Itu yang membuat mereka tampak bijaksana," ujar Dambling.

(vit/vit


sumber: http://health.detik.com/read/2013/08/23/120256/2338574/763/apakah-anda-berkepribadian-introvert-cek-14-tanda-ini

19 komentar:

  1. Assalamu'alaykum wr. wb.
    Jazakallahu khairan katsiran atas artikel terkait kepribadian introvert.
    Selama ini saya belum cukup paham dengan kepribadian saya. Setelah seorang sahabat saya menyampaikan bahwa saya seorang introvert, saya langsung mencari tahu seluk beluk introvert. Alhamdulillah, artikel di atas cukup membuat saya paham bahwa saya memang seorang introvert.
    Cukup banyak hambatan yang saya hadapi dalam berkomunikasi, terutama dg orang2 yang mempunyai kepribadian ekstrovert sejati.
    Jika ada kesempatan, minta tolong kepada teman-teman sesama introvert, bisa dishare kan pengalaman dan tips-tips nya.

    Syukron, wa jazakallahu khairan katsiran.
    FIGHTOO \(^_^)/

    BalasHapus
  2. saya juga Introvert. sangat miris memang kesulitan berbaur dengan teman teman yg lain

    BalasHapus
  3. Saya juga biasanya sukanya duduk di kursi paling depan hingga bisa fokua piliran tidak berantakan

    BalasHapus
  4. saya introvert, baru masuk kuliah, susah rasanya berbaur sama teman-teman baru, saya suka duduk dipaling pojok menghindari orang-orang disekeliling saya, waktu tes kesehatan di universitas, tekanan darah saya rendah.
    kata kaka tingkat, kita dituntut harus aktif dikelas supaya dapat perhatian dosen dan dosen ga segan memberikan nilai dan selalu ingat kepada kita. setiap saya perang batin untuk angkat tangan dikelas, itu rasanya susah sekali.

    BalasHapus
  5. kata temen-temen baru saya, saya ini mahasiswa kupu-kupu (kuliah pulang kuliah pulang) bukan karena apa-apa, saya memang tidak bisa kumpul dengan banyak orang. waktu SMA saya punya banyak sahabat yang saya percayai, saya periang, ceria kalau udah deket dan kenal. saya cuma takut orang gamau kenal sama saya karena saya introvert.
    saya perang batin dikelas untuk bisa bicara dan berbaur dengan mereka, kami memang begini, saya takut orang gasuka sama saya.

    BalasHapus
  6. sama aku juga introvert, emang sulit bila harus ngumpul disuatu kelompok. kerasa kelempar dari kelompok tersebut, apalagi kalo harus banyak omong, aduh buat energi kekuras

    BalasHapus
  7. sebagai introvert kita jga harus mengembangkan apapun talenta atau bakat yang telah diberikan Tuhan, jangan dipendam tman2. kalau blum tau, cari tahu dan kembangkan... semoga sukses...

    BalasHapus
  8. Semua benar & ada pada saya, kecuali point 11. Ditambah Dileksia sampai umur 9 thn serta bergolongan darah A. Cocok deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di Jepang merikrut karyawan selalu golongan darah O yang di utamakan karena sifatnya bergantugan satu sama lain alias bersatu kita teguh bercerai kita runtuh artinya Extrovet. Golongan Darah A sifatnya lebih baik kerja sendiri untuk hasil yang sempurna terkenal dengan Break The Rules nya anti birokrasi yang bertele-tele, cepat marah alias darah tinggi, sudah pasti tekanan darah tinggi yang Introvert. Golongan darah B anti banget sama kritikan atau Under Presure sudah pasti tekanan darah rendah cendrung ke Ambivert.

      Hapus
  9. Terimakasih atas artikelnya, sangat memberikan informasi baru.
    Saya seorang ekstrovert tetapi saya memiliki pasangan introvert dan saya sulit sekali untuk mengerti dan memahami dia.
    Dan dengan poin nomer 7 semakin meyakinkan bahwa dia mencari seseorang yg dapat melengkapinya hehe.
    Terimakasih :)

    BalasHapus
  10. iyaa sy jg merasa sendiri di tengah keramaian padahal biasa teman yang saya kenal itu hampir semua...lebih enak di kamar yah hehe

    BalasHapus
  11. thank atas info nya , bener banget...ya gua intovert :)

    BalasHapus
  12. huft... aku juga intovert kayaknya. karna aku klo ada telepon atau pun menelepon seseorang selalu merasa cemas . aku juga takut banget klo ada tamu baru dtng ke rumah , aku pasti ngumpet ! nasib... nasib
    thanks infonya ya , keren!

    BalasHapus
  13. Hidup agak kerasan dikit bagi introvet mnurut saya,thanks infonya.Sangat membantu!

    BalasHapus
  14. Saya introvert tapi tidak pemalu, saya cukup aktif ikut kegiatan paduan suara, emang sulit ketika yang lain ngobrol sedangkan saya untuk bicara perlu berpikir dalam hati dan mengedit ulang apa yg akan diutarakan, alhasil keburu pindah topik, ujung2nya ga jadi bicara juga ..tp saya punya sekelompom kecil teman yg nyaman diajak bicara tanpa perlu berpikir ulang, mungkin karna sudah dekat jadi gak takut salah bicara dan malah suka ikut gila bareng. Tapi emang nguras tenaga banget makanya setelahnya pasti diem di kamar sambil ngecharge energi juga. Saya juga paling malas k pesta sebenarnya, cuma ngincer makan gratisnya aja hehe

    BalasHapus
  15. HAHAHAAAAA SAYA DIKIRA INTROVERT SAMA ORANG2 DAN TES PSIKOLOG TANYA JAWAB ITUUUU.....MESKI CIRI2 DI ATAS MAYORITAS EMANG ADA DI DIRI SAYA JUGA, TAPI SEBENERNYA SAYA INI EKSTROVERT LHOOOOOO HIHIHIIIII KETIPU SEMUUAAAA:P

    BalasHapus
  16. Apakah males pergi ke pesta atau acara2 termasuk introver ya? Rasanya tidak terlalu suka ngumpul.

    BalasHapus
  17. Apakah males pergi ke pesta atau acara2 termasuk introver ya? Rasanya tidak terlalu suka ngumpul.

    BalasHapus
  18. Dari dulu gua bingung dengan karakter diri gua, di bilang pemalu bukan di bilang bukan tp gua kurang nyaman jika di situasi banyak org atau di dekat org yg baru kenal.

    Sampe usia gua 24 gua baru menyadari kalau gua adalah introvert, pantesan gua selalu nyaman dengan situasi sepi sangat menyedihkan memang kedengarannya:(

    Sebelum tahu diri gua seperti ini gua cukup berusaha buat berbaur tepat nya buat jadi seorang ekstrover, hal-hal yg sering ekstrovert lakukan gua juga ikut lakukan karena menurut gua mereka menarik dan tidak membosankan!!
    Selama gua melakukan hal yg extrovert lakukan gua merasa tidak nyaman dan merasa tersiksa hingga gua selalu mengkonsumsi alkohol agar gua bisa seperti mereka yg nyaman dengan keramaian.
    Alkohol memang membuat gua bisa merasakan menjadi extrovert, tp hanya sesaat setelah nya menjadi introvert lagu yg memang sudah mengakar di diri saya.
    Hingga gua lelah tidak bisa seperti extrovert.
    Menurut gua jadi introvert itu sangat menyedihkan dan merugikan juga, apa lagi kalau baru kita sadari.
    Bagaimana tidak, sampe usia gua 24 gua masih sendiri dan baru punya mantan satu. miris bukan ?
    Belum lagi masalah karir banyak kesulitan yg gua alami perlu kalian tau kalau pekerjaan yg banyak saat ini adalah untuk mereka yg berjiwa exrovert.
    menurut gua hidup di dunia ini keras dan sudah menjadi fakta bahwa dunia lebih memilih extrovert di banding introvert!

    "Dan gua Sekarang lagi berfikir gua harus gimana dan kelanjutan hidup gua bakal seperti apa?"

    Sudah terbukti bukan kalau pertanyaan di atas yg baru gua tulis mencerminkan kalau gua seorang introvert sejati 1.000% dan ini membuat gua MUAK ingin bunuh diri !!

    Kunci dari komentar gua ini adalah kenali diri Anda sebaik mungkin sejak dini agar bisa menentukan jalan hidup kalain !
    Selamat buat yg berjiwa exrovert kalian beruntung 😥

    BalasHapus

My Playlist